Persepsi Makna Kejadian

 Persepsi Makna sebuah Kejadian

Ini adalah salah satu cerita hidup saya sebagai Pemilik Klinik Hipnoterapi di Lampung, yaitu Griya Bahagia Sehat yang beralamat di Way Kandis, Bandar Lampung.

Dalam hidup, kita pasti mungkin pernah mengalami kejadian yang kita anggap sebagai kejadian “Buruk” atau nasib buruk. Tetapi selang waktu berjalan, ternyata Kejadian yang kita anggap sebagai Nasib buruk itu ternyata Sejati nya adalah Nasib Baik

Kejadian ini terjadi sekitar tahun 2004 saat saya bekerja sebagai Manager Operasional di sebuah Perusahaan Distributor Oli dan Penyalur Minyak Tanah untuk rakyat di areal Tambak Udang PT X Lampung.

Saat karir dalam posisi bagus, di usia 21 tahun sudah menjadi Manager Operasional sebuah perusahaan kecil distribusi oli, tiba – tiba karena sebuah kesalahan yang Tidak terlalu Fatal saya di PHK oleh pemilik perusahaan. Tepat 3 hari sebelum hari raya Idul Fitri tahun 2004.

Saat tentu saya beranggapan bahwa saya sedang mengalami “Nasib Buruk” karena harus di PHK di saat menjelang libur idul fitri dan saat karir sedang bagus. Tetapi saya harus segera move on dan mencari pekerjaan baru lagi.

Tepat 3 bulan setelah saya di PHK, saat saya sudah bekerja di perusahaan baru, saya mendengar bahwa pemilik perusahaan saya yang lama di tangkap Polisi dan sempat di Sel selama 10 hari karena menjual Minyak Tanah Bersubsidi ke perusahaan X. Walaupun akhirnya beliau bebas setelah mengeluarkan uang sekitar 40 Juta.

Begitu mendengar berita tersebut, saya sedih sekaligus Bersyukur. Sedih karena prihatin mantan Bos di penjara, Bersyukur karena saya bukan saya yang ditangkap oleh Polisi, karena jika saya masih bekerja di perusahaan itu, pasti saya lah yang ditangkap. Karena saat itu saya adalah Manager di perusahaan itu, dan posisi Manager diambil langsung oleh Pemilik perusahaan saat saya di PHK.

Dari kejadian itu, saya baru paham Makna dari nasihat guru spiritual saya  sebagai berikut: “ dan bisa saja sebuah kejadian kita anggap buruk, tapi ternyata baik di mata Allah, dan juga sebaliknya sebuah kejadian kita anggap baik ternyata buruk di mata Allah”.

Dari peristiwa tersebut kita dapat belajar bahwa Ternyata Makna sebuah Kejadian dapat berubah seiring berjalannya waktu. Bisa saja kejadian saat dulu kita anggap buruk, ternyata sekarang kita anggap itu adalah Baik. Dan juga sebalik nya.

Jadi tetaplah belajar Berkhusnudzon atau berprasangka Baik lah terhadap apa saja yang Terjadi di dalam hidup ini.