7 TERAPI DAHSYAT HENTIKAN KECANDUAN GADGET

 

7 Terapi Dahsyat & Efektif

Untuk Mengobati kecanduan gadget pada anak



Oleh:

Deddy Wahyu Wijaya CI, C.NLP, CTC, CHTF, M.Qoikh

 

 “Bagaimana kah rasanya, jika anda sebagai orang tua memiliki kemampuan untuk mampu membuat anak – anak anda menuruti semua perintah anda dan mau berhenti dari kecanduan gadget mereka???”


Latar Belakang

 

Gadget berupa smart phone saat ini adalah sebuah perangkat yang tidak bisa lagi lepas dari kehidupan kita sehari hari. Hampir semua aktifitas kita, pasti melibatkan gadget tersebut.

 

Banyak hal bermanfat dari hadirnya gadget di dalam kehidupan kita, kehidupan kita menjadi lebih mudah dan praktis dengan adanya gadget tersebut, komunikasi semakin cepat dan jarak bukanlah lagi masalah di dalam kehidupan kita. Tetapi selain memiliki dampak positif, hadirnya gadget juga memiliki dampak buruk, khususnya untuk anak - anak kita yang masih belum mampu mengontrol waktu untuk bermain dengan gadgetnya.

 

Yang terjadi adalah banyak sekali anak – anak yang dalam waktu kesehariannya banyak habis dengan gadgetnya, baik untuk membuka akun social media mereka, ataupun bermain game di gadget mereka. Yang kalau dibiarkan akan berdampak buruk bahkan sangat buruk untuk kesehatan mental dan kesehatan fisik mereka.

 

Sampai pernah ada kasus yang pernah saya tangani, seorang anak SD kelas 3, sampai sering BAB (Buang Air Besar) di kasur, karena tidak mau pindah dari tempat tidurnya karena saking asik nya bermain game di gadgetnya. Dan tentu hal ini sangat memprihatinkan buat orang tua dan keluarganya. Belum lagi yang kecanduan gadget bermain game online, sampai waktu tidurnya sedikit dan badan menjadi kurus karena selera makan nya sudah berkurang karena asik bermain game. Dan yang dominan adalah prestasi akademik anak di sekolah menurun drastis.

 

Banyak hal yang sudah dilakukukan oleh para orang tua untuk membuat anak – anak mereka berhenti dari kecanduan gadget ini, tapi sebagian besar gagal dan kalah dengan teriakan atau rengekan anak untuk tetap bermain gadget.

Hal ini lah yang membuat kami tergerak untuk membantu para orang tua menjadi “Therapist Hebat” untuk membuat anak – anak mereka berhenti kecanduan gadget. Dengan mengajarkan 5 Teknik Terapi Dahsyat dan Efektif untuk mengobati kecanduan gadget tersebut.

 

Teknik ini sudah teruji dan kami gunakan sejak tahun 2006 untuk mengobati masalah – masalah kecanduan yang kami tangani, dari mulai kecanduan rokok, narkoba, pornografi sampai yang terakhir kecanduan gadget dan game online. Dan Alhamdulillah hasilnya sangat efektif dan Luar Biasa.

 

7 Teknik Terapi yang kami ajarkan disini adalah Teknik termutakhir hasil pengalaman kami menangani client kecanduan selama 14 tahun, yang hasilnya sangat efektif dan baik sekali untuk mengobati kecanduan termasuk kecanduan gadget.

 

Sebagai penutup, kami ingin mengingatkan kembali bahwa sebagai orang tua, kita harus Mampu untuk menurunkan EGO kita yang jarang MAU DISALAHKAN ketika anak kita kecanduan gadget, orang tua biasanya selalu menyalahkan anak mereka ketika si anak mengalami kecanduan. Padahal jika kita mau jujur, justru orang tua lah yang seharusnya paling bertanggung jawab jika anak mereka sampai kecanduan gadget. Dan prinsip bahwa kita sebagai orang tua lah yang paling bersalah atas perilaku kecanduan gadget anak kita, adalah Pondasi Utama untuk mampu membuat anak kita sembuh dari kecanduannya tersebut.

 

Akhiru kalam, semoga semua teknik terapi yang ditulis di modul ini dapat bermanfaat dan dipraktekkan untuk melakukan terapi ke anak kita masing – masing.

 

 

Penjelasan tentang cara kerja Pikiran


“Kenapa sih manusia dapat kecanduan terhadap sesuatu? Padahal kita tahu bahwa sesuatu itu sangat buruk dan mergikan diri kita? Dan kenapa seolah – olah kita Tidak Mampu untuk melawan rasa Kecanduan tersebut?”

 

Itu adalah pertanyaan dasar yang sering ditanyakan oleh orang awam ketika melihat seseorang kecanduan terhadap hal yang buruk. Untuk menjawab ini, saya akan menjawab dari keilmuan Hypnosis dan NLP yang saya pelajari yang mungkin saja dapat berbeda jawaban nya ketika dijawab dengan disiplin ilmu yang lain.

 

Menurut ilmu Hypnosis, pikiran manusia dibagi menjadi 2 yaitu Pikiran Sadar (PS) dan Pikiran Bawah Sadar (PBS) dimana menurut para ahli Kekuatan PBS jauh lebih dominan dibandingkan PS. Dan biasanya pembagian Pikiran tersebut akan di analogikan dengan gambar seperti ini:

 


 

A. Pikiran sadar manusia (Conscious Mind)

 

Adalah proses pemikiran yang Anda sadari dan dapat Anda kendalikan. Contohnya jika Anda ingin memilih menu makanan. Kita memilih mana yang ingin kita makan berdasarkan logika sadar kita, contohnya berdasarkan waktu makan, budget (dana) untuk makan dan lain sebagainya.

 

Dan pemilihan berdasarkan kesadaran itu pun juga terpengaruh dengan data-data yang ada di dalam memori pikiran kita. Jadi logika kita pun akan berbeda-beda berdasarkan dengan pengalaman yang tersimpan dalam memori pikiran.

 

Berikut ringkasan proses dalam pikiran sadar kita, mengenali informasi yang masuk dari sensor tubuh ( baca panca indera), Kemudian membandingkan dengan isi memori kita,

 

Selanjutnya menganalisa informasi tersebut,Terakhir memutuskan respon apa yang dilakukan terhadap informasi tersebut.

 

 

B. Pikiran bawah sadar

 

Adalah proses pemikiran yang bertolak belakang dengan pikiran sadar. Proses ini tidak melalui kendali sadar kita. Contohnya kenapa seseorang sangat menyukai rokok, padahal rokok tersebut sangat merugikan kesehatan diri sendiri dan sekitar, atau tiba-tiba saja Anda sangat ingin sekali makan bakso. Dan jika ditanya pun Anda akan menjawab tidak tahu alasan dari tindakan Anda itu. Karena memang pikiran sadar Anda tidak ikut campur dalam pemilihan proses itu.

 

Apa yang di lakukan pikiran bawah sadar sebenarnya tidak sepenuhnya terjadi di luar kendali kita. Karena isi pikiran bawah sadar adalah program-program ataupun data yang dahulu kita masukkan ke dalam bawah sadar kita.

 

Nah dari gambar tersebut kita melihat bahwa pengaruh atau kekuatan PBS/Un Consciuos Mind adalah 88% dalam mempengaruhi hidup kita, sedangkan PS/Conscious Mind hanya 12%. Jadi analogi nya terhadap orang yang kecanduan gadget/rokok dll adalah PS mereka mengatakan bahwa sesuatu itu BURUK dan TIDAK BAIK untuk diri nya, tetapi PBS mereka mengatakan bahwa sesuatu itu ENAK, MENYENANGKAN, ASIK DLL maka otomatis yang akan menang adalah apa yang dikatakan oleh PBS nya. Inilah alasan bahwa kenapa hampir 100% pecandu Narkoba tahu bahwa narkoba itu buruk untuk kehidupan mereka, tapi mengapa mereka seperti tidak mampu melawan “hasrat / keinginan” dalam dirinya untuk terus memakai narkoba?. Ya karena PBS mereka nyaman dan menikmati narkoba tersebut walaupun PS nya menyadari bahwa itu buruk untuk kehidupan mereka, tapi karena kekuatan PS hanya 12% maka dia akan Kalah dengan kekuatan PBS yang mencapai 88%. Hingga akhirnya mereka menjadi kecanduan Narkoba. Dan pola ini juga terjadi di dalam Kecanduan Gadget.

 

Jadi dalam 7 teknik terapi yang kita pelajari disini, berfokus agar program kecanduan yang ada di dalam PBS anak kita dapat kita hapus atau perbaiki dan mengganti dengan program baru yang lebih baik.

 

B.1. Apa saja yang diproses dalam bawah sadar?

 

Kebiasaan (habit)

Anda pasti merasakan bahwa kebiasaan dilakukan dengan sangat mudah dan terjadi begitu saja, dan sangat sulit melawan kebiasaan yang sudah kita tanam.

 

Perasaan (emotion)

Emosi atau perasaan juga sulit untuk kita kendalikan secara sadar. Sangat sulit bukan menahan rasa sedih ketika ada orang terdekat meninggal misalnya?

                                               

Ingatan Jangka Panjang (Long term memory)

2+2 sama dengan? Anda langsung menjawab 4 secara spontan. Karena hal itu telah kita tanam di memori jangka panjang yang terletak di bawah sadar. Untuk merubah memori-memori ini Anda perlu masuk ke pikiran bawah sadar.

 

Persepsi (perception)

Cara kita memandang dan memaknai segala sesuatu di proses oleh pikiran bawah sadar sesuai kebiasan, pengetahuan dan keyakinan kita.

 

Kepribadian (character)

Kepribadian terbentuk dan tertanam di dalam pikiran bawah sadar, sehingga sangat sulit bagi kita untung melenceng dari kepribadian itu.

 

Intuisi (Intuition)

terkadang kita merasakan sesuatu tanpa proses berpikir logis. Orang sering mengungkapkan intuisi dalam contoh kalimat-kalimat berikut, feelingku mengatakan bahwa bisnis di bidang ini akan sukses, aku kok tiba-tiba merasakan sesuatu yang buruk mengenai anakku dan lain sebagainya.

 

Kreativitas (creativity)

Anda pasti sudah menyadari bahwa proses timbulnya kreativitas tidak bisa di paksa dengan pemikiran secara sadar.

 

Keyakinan (belief)

Keyakinan yang tertanam dalam pikiran bawah sadar sangat menentukan bagaimana orang bersikap dan bertindak. Belief sangat dipengaruhi oleh budaya dan lingkungan tempat kita dibesarkan. Sebagai contoh, di beberapa daerah di Jawa dan Sumatera, ada Belief untuk menghilangkan sakit perut karena menahan BAB adalah dengan mengantungi batu di celana bagian belakang, untuk beberapa orang yang memiliki Belief ini maka teknik ini efektif, tapi untuk yang tidak memiliki Belief tersebut maka teknik ini sia – sia belaka.

  

C. Menembus pikiran bawah sadar

 

Nah, lantas bagaimana cara kita menembus pikiran bawah sadar? Penghubung di antara pikiran sadar dan bawah sadar adalah RAS atau Reticular Activating System  (Critical Factor)

 

RAS atau Critical Area ataupun Critcal Factor berfungsi sebagai penjaga yang akan menganalisis apakah suatu informasi layak untuk di terima atau tidak. Berdasarkan beberapa pertimbangan. Pertimbangan ini pun tidak melulu berdasarkan sesuatu yang secara logika kita hal yang benar.

 

Contohnya kita harus jadi pribadi yang tidak malas.

 

Secara logika kita hal itu benar, namun program itu tidak begitu saja diloloskan oleh RAS (critical factor). Karena ada informasi yang berbentuk belief yang ikut memberikan pertimbangan, seperti malas-malasan itu enak, kalau kerja terus capek, dan lain sebagainya. Dan hasilnya pun tergantung mana dari beberapa belief itu yang memiliki nilai lebih tinggi di dalam diri kita. Dan itulah yang akan menjadi pemenangnya.

Nilai atau value dalam diri kita bermacam-macam, yang mana yang paling memanjakan dengan perasaan-perasaan menyenangkan bagi kita. Misalnya rasa bangga, bahagia, nyaman, nikmat, harapan, semangat dan lain sebagainya memiliki nilai tinggi.

 

Jadi value setiap informasi menentukan di urutan prioritas suatu belief, dan kumpulan belief menentukan hasil keputusan kita

 

 

C.1. Faktor yang mempengaruhi RAS

 

Fokus

Ketika kita terfokus pada suatu hal atau ide, maka logika kita pun akan menurun dan menganggap ide itu yang paling benar. Ini yang kebanyakan orang sebut sebagai pemikiran yang sempit. Sebenarnya bukan sempit pikiran subjeknya, tapi seseorang telah berhasil membuatnya fokus dan menyempitkan pikirannya pada hal tertentu.

 

Minat

Suatu ide ataupun informasi yang memiliki kaitan dengan minat kita, akan membuat tingkat seleksi terhadap informasi itu menurun.Sehingga mudah mencapai pikiran bawah sadar. Contohnya nasehat dari orang yang sangat kita idolakan atau sosok otoritas

 

Emosi

Ketika tingkat intensitas emosi kita tinggi, kita akan sangat mudah sekali terpengaruh oleh informasi tanpa perlu pemikiran ulang. Bagi sebagian orang masih beranggapan bahwa emosi adalah perasaan marah. Bukan itu, tapi semua perasaan adalah emosi. Bahagia, marah, kecewa, sedih dan lain sebagainya.Jadi ketika sangat bahagia pun pikiran bawah sadar kita mudah di susupi. Sangat kecewa, sangat kagum, dan semua emosi berlebih lainnya

 

C.2. Cara-cara menembus pikiran bawah sadar

 

Dan dari mekanisme RAS ini dapat dijelaskan cara-cara sebuah informasi masuk ke pikiran bawah sadar kita, sebagai berikut:

 

Repitisi atau pengulangan

Jika suatu informasi di ulang-ulang akan membuat kita fokus ke informasi itu. Dan masuklah informasi itu ke alam bawah sadar kita. Dan menjadi program di pikiran bawah sadar.

 

Orang Yang Memiliki Integritas Integritas atau kepercayaan di sini maksudnya seseorang yang memiliki tingkat integritas tinggi di dalam pikiran kita akan mudah memasukkan informasi ke bawah sadar kita. Ini sama dengan sosok otoritas.

 

Hipnosis

Tujuan hipnosis sendiri adalah menembus wilayah pikiran bawah sadar. Dan salah satu cara tercepat. Di dunia Hipnosis kita mengenal yang namanya gelombang otak manusia. Ada betha, artinya gelombang otak sadar atau terjaga. Alfa, merupakan gelombang yang lebih tenang, namun frekuensi nya lebih tinggi. Ada juga Theta, ini lebih deep atau dalam. Alfa dan Theta ini lah gelombang yang di pakai di dunia Hipnosis. Memahami ini penting, mengenai gelombang otak manusia dan mengukur kedalaman trance beserta sugesti yang dapat di lakukan.

 

 

I.  Terapi Trance

 

Trance adalah kondisi ketika seseorang sedang fokus dengan satu hal, baik fokus indra tubuh nya atau fokus kepada perasaan yang dirasakan. Ketika seseorang sedang trance, gerbang PBS nya terbuka, RAS sedang dalam kondisi “Pasif” sehingga kata – kata yang diucapkan dengan “Tepat” dapat masuk kedalam PBS dan menjadi program baru di dalam PBS.

 

Contoh Trance pada anak adalah ketika dia sedang “asyik” bermain dengan gadget nya. Nah kalau biasanya kita sebagai orang tua merasa Sebal atau jengkel ketika anak sedang asik dengan gadget nya, justru saat tersebut dapat kita gunakan untuk memberikan Sugesti untuk membuatnya berhenti dari kecanduan gadget tersebut.


 

Bagaimana cara nya?


  • Amati ketika anak sedang asik melakukan sesuatu (trance).
  • Bisikkan kata – kata sugesti ke telinga sebelah kiri anak sebagai berikut: “ ….. (Sebut nama kesayangan anak), mulai saat ini kamu semakin hari semakin berhenti dari kecanduan bermain gadget/HP”. Cukup dibisikkan pelan dan sekali saja ke telinga sebelah kiri nya, walaupun anak kita tidak dengar karena sedang asik dengan gadget nya, tidak apa – apa karena kita berkomunikasi dengan PBS nya, bukan dengan PS nya.
  • Dalam sehari anda dapat beberapa kali memberikan sugesti ini, dan pastikan saat anda memberikan sugesti ini,anak masih dalam kondisi Trance alias masih asik dengan gadget nya.
  • Susunan kalimat sugesti nya Harus sama persis seperti contoh, yang di ubah hanya nama penyebutan anak nya saja.

 

Teknik terapi ini memang Tidak berefek langsung kepada perubahan kecanduan anak, tapi jika kita melakukan nya dengan Konsisten dan setiap hari maka dalam waktu 21 – 40 hari perubahan pada anak terlihat Jelas.



II.     Terapi REM (Rapid Eye Movement)

 

REM adalah kondisi ketika seseorang dalam kondisi Deep Trance (Trance Dalam), dan salah satu ciri ketika seseorang memasuki kondisi Deep Trance adalah terjadinya gerakan yang cepat di mata saat mata terpejam dalam kondisi setengah tidur. Secara alami setiap orang biasanya mengalami fase REM ini saat menjelang tidur, yang berbeda adalah lama fase REM tersebut, ada yang lama dan ada yang sebentar.

 

Kondisi REM ini adalah kondisi yang sangat baik untuk kita memberikan sugesti kepada anak kita, karena pada kondisi ini sugesti yang kita berikan ke dalam PBS nya akan mengalami sedikit sekali penolakan dari RAS bahkan hampir nol penolakan nya, yang artinya sugesti tersebut dapat langsung masuk ke dalam PBS anak kita.

 

Efek dari terapi REM ini lebih dahsyat dari terap trance biasa.

 

Bagaimana cara nya?

 

  • Jika memungkinkan, temani anak ketika mau tidur. Atau kalau dalam bahasa jawa dikeloni dulu anak kita sampai menjelang tidur
  • Pada saat mata nya sudah mulai terpejam dan kesadaran nya menurun (tapi belum tidur nyenyak) maka bisikan lah kalimat segesti berikut di telinga sebelah kiri nya: “….. (Sebut nama panggilan kesayangan anak), mulai saat ini ….. (sebut lagi panggilan kesayangan anak), semakin hari semakin berhenti kecanduan bermain gadget, semakin mengurangi bermain gadget”. Sugesti ini dibaca berulang kali sampai anak kita tertidur pulas.
  • Untuk mengurangi efek penolakan dari anak, baiknya sebelum melakukan terapi, kita meminta ijin dulu kepada anak kita bahwa malam ini kita akan mendoakan nya saat dia menjelang tidur.

 

Berdasarkan pengalaman, teknik ini sangat dahsyat dalam merubah perilaku anak yang kecanduan gadget. Dalam 7 hari pertama, efek perubahan nya sudah mulai terlihat. Lanjutkan terus terus terapi ini sampai anda yakin bahwa anak anda sudah total berhenti dari kecanduan gadget.

 

 

III.      Terapi Air

 

Air adalah adalah zat yang sangat dibutuhkan manusia, setiap hari kita dianjurkan untuk minum air tawar seberat 2 liter. Belum lagi air yang berupa minuman lain seperti kopi, susu, teh dan lain – lain.

 

Ada sebuah buku yang berjudul The True Power of Water karangan peneliti dari Jepang, Masaru Emoto. Dalam buku nya salah satu poin utamanya adalah bahwa air bereaksi terhadap perkataan yang diucapkan oleh manusia. Apabila kita berkata buruk, maka air pun akan berubah susunan molekul nya menjadi buruk, dan begitu juga sebalik nya.

 

Untuk membuktikan teori dalam buku ini benar atau salah, kita dapat mencoba melakukan percobaan sederhana. Caranya adalah:

1.     Siapkan 2 buah gelas kosong dengan ukuran, bahan dan ukuran  yang sama

2.     Isi kedua gelas tersebut dengan 1 sendok makan nasi putih

3.   Tambahkan air di gelas tersebut sampai terisi setengah gelas, sehingga saat ini di dalam gelas tersebut berisi air dan nasi

4.  Kemudian tempelkan tulisan yang berbeda pada kedua gelas tersebut, gelas pertama diberikan tulisan “Aku Cinta kamu/ I Love You” dan pada gelas satunya diberikan tulisan makian, misal “kamu tolol, kamu bodoh”

5.     Letakkan 2 gelas tersebut berjauhan minimal 3 Meter

6.   Beri perlakuan berbeda pada kedua gelas tersebut, untuk gelas yang bertuliskan Cinta, anda berikan kata – kata cinta setiap saat sehari 3X. Dan untuk untuk gelas satunya anda maki – maki setiap saat sehari 3X

7.   Anda lihat apa yang terjadi 3 – 5 hari kemudian. Anda akan TERKEJUT dengan hasil nya.

 

Ternyata dari ratusan percobaan yang dilakukan oleh para alumni pelatihan dari lembaga kami yaitu IKHLAS INSTITUTE TRAINING CENTER, hasil nya 100% Sama. Yaitu gelas yang bertuliskan Cinta air nya tetap lebih jernih, nasi nya Tidak busuk. Sedangkan gelas yang satunya air nya menjadi hitam dengan nasi yang sudah mulai membusuk. Ini adalah Fakta bahwa air dan benda lain itu bereaksi terhadap kata – kata yang kita ucapkan.

 

Manusia 2/3 nya terdiri atas air, air yang benda mati saja bereaksi terhadap kata – kata yang kita ucapkan, apalagi manusia yang terdiri dari air hidup pasti lebih bereaksi lagi. Wajar jika ada peribahasa yang mengatakan: “Sakitnya luka karena tertusuk pedang, lebih sakit lagi tertusuk kata – kata”.

 

Lalu bagaimana memanfaatkan fenomena ini  untuk melakukan terapi?

 

·      Siapkan gelas yang berisi air yang akan diberikan ke anak kita, air nya tidak harus air putih, boleh juga air susu, teh atau minuman lain nya. Tapi diutamakan air putih / air mineral.

·      Pegang gelas di dengan kedua tangan, posisi tangan kanan menutup gelas bagian atas dan tangan kiri memegang bagian bawah gelas.

·     Untuk yang muslim, baca surat Al Fatihah 1X. Lanjutkan dengan berdoa: “Yaa Allah, hamba Mu memohon jadikanlah agar air yang hamba pegang ini berkhasiat membuat anakku sembuh total dari kecanduan gadget/Hp”

·   Kemudian berikan sugesti kata – kata berikut: “Wahai air, dengan memohon ijin dari Allah jadikanlah dirimu molekul – molekul yang bermanfaat dan menyatu dengan pikiran anak ku dan mampu membuat anak ku (sebut nama lengkap anak) untuk berhenti Total dari kecanduan gadget/Hp”.

·    Berikan air tersebut kepada anak, dan diusahakan agar air tersebut habis diminum oleh anak kita.

 

Terapi air ini adalah terapi pelengkap untuk terapi lainnya, yang berfungsi untuk memperkuat efek terapi lainnya. Lakukan secara konsiten selama minimal 21 hari dan rasakan Dahsyatnya efek terapi ini.

 

 

IV.     Terapi EFT/SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique)

 


Penjelasan berupa Video ada di bawah tulisan tentang SEFT ini.


Adalah sebuah teknik terapi pengembangan dari teknik asli nya yaitu EFT (Emotional Freedom Technique) yang di ciptaan oleh oleh Gary Craig yang merupakan murid lagsung Dr Roger Callahan yang menemukan teknik TFT (Thought Field Therapy). SEFT sendiri dikembangkan oleh Ahmad Faiz Zainudin dengan menambahkan unsur Ketuhanan atau Spiritual sebagai titik pusat kesembuhan dari penyakit atau masalah yang dihadapi.

 

Teknik ini terbukti sangat efektif dengan puluhan ribu testimoni di Indonesia untuk mengatasi berbagai jenis kecanduan, mulai dari kecanduan rokok, narkoba, pornografi dan gadget.

 

Teknik ini terdiri dari 3 Prosedur, yaitu


1.        Set Up

Yaitu teknik awal atau Niat memasrahkan kesembuhan hanya kepada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa yang bertujuan untuk agar pikiran dan aliran energi tubuh dapat tepat sasaran ke bagian yang sakit atau bagian yang bermasalah.

 

Contoh kalimat set up untuk kecanduan gadget: “Yaa Allah, meskipun saat ini aku memiliki anak  yg bernama (Sebut nama lengkap anak) yang masih kecanduan gadget/Hp, dan anakku sulit berhenti dari kecanduan ini karena anakku tidak mampu melawan keinginan untuk bermain gadget/HP ini, Tapi aku IKHLAS menerimanya Yaa Allah, dan aku PASRAHKAN sembuhnya kecanduan anakku terhadap gadget ini, hilangnya kecanduan anakku terhadap gadget ini hanya kepada Mu Yaa Allah”. (Di ulang 3 X)

 

Sambil membaca kalimat Set Up ini, jari telunjuk dan jari tengah kita menekan titik nyeri yang berada di dada kiri atau dada kanan. Titik ini adalah sebuah lokasi di dada kita yang jika ditekan oleh dua jari kita rasanya lebih sakit dibandingkan bagian dada yang lain.

 

Jadi selama melakukan kalimat set up, kedua jari kita tetap menekan titik nyeri tersebut.

 

2.        Tune In

Adalah merasakan dengan sengaja “rasa” dari Sedih dan Kecewa atau kesal karena anak kecanduan gadgett.  Lakukan Tune In ini sampai benar – benar anda mampu membayangkan dampak buruk apa yang akan diterima anak anda jika dia terus kecanduan gadget. 

 

3.     Tapping

Adalah teknik menotok atau mengetuk ringan dengan 2 atau 4 jari kita ke 18 titik jalur meridian energi tubuh, seperti pada gambar berikut:

     


Titik – titik yang di totok adalah sebagai berikut:

1.     CR (Crown) yaitu ubun – ubun kepala kita

2.     EB (Eye Brow), ujung alis bagian dalam

3.     SE (Side Eye), ujung alis bagian luar

4.     UE (Under the Eye), bawah mata masih di tulang mata

5.     UN (Under the Nose), bawah hidung

6.     CH (Chin), bawah bibir / dagu

7.     CB (Collar Bone), pertemuan antara 2 tulang dada

8.     BN (Below Niple), 2 jari dibawah puting susu atau di batas bawah belahan dada

9.     UA (Under the Arm), dibawah ketiak sejajar dengan puting susu

1    IH (Inside Hand), pergelangan tangan bagian dalam

11  OH (Outside Hand), pergelangan tangan bagian luar

      TH (Thumb), Ruas luar disamping jari jempol yang berbatasan dengan kuku

      IF (Indeks Finger), ruas luar disamping jari telunjuk yang berbatasan dengan kuku

1    MF (Middle Finger), ruas luar disamping jari tengah yang berbatasan dengan kuku

      RF (Ring Finger), ruas luar disamping jari manis yang berbatasan dengan kuku

      BF (Baby Finger),  ruas luar disamping jari kelingking yang berbatasan dengan kuku

      KC (Karate Chop), Ruas pisau tangan

    GS (Gamut Spot), ruas telapak tangan bagian luar antara ruas jari kelingking dan jari manis

 

Caranya adalah kedua jari kita mengetuk ringan sambil mengucapkan kata “Saya Ikhlas Yaa Allah” berulang – ulang sampai selesai melakukan teknik Tapping di 18 titik tersebut, dimulai dari bagian kanan dulu, selesai 18 titik kanan baru dilanjutkan dengan 17 titik di kiri. Jadi bagian tubuh kiri hanya sampai ke titik 17 saja.

 

Sampai di titik ke 18, kita sambil melakukan 9 Gamut Prosedur. Yaitu:

1.     Pejamkan mata sekuat tenaga

2.     Mata melotot sekuat tenaga

3.     Mata meliri ke kanan bawah

4.     Mata melirik ke kiri bawah

5.     Mata diputar searah jarum jam

6.     Mata diputar berlawanan jarum jam

7.     Mendehem selama 3 detik

8.     Menghitung dari 1 sampai 5

9.     Mendehem kembali selama 3 detik

 

9 gamut prosedur itu kita lakukan sambil menotok titik ke 18

 

Setelah selesai melakukan 9 gamut prosedur, ulangi kembali melakukan Tapping ke bagian tubuh sebelah kanan.

 

Selesai melakukan Tapping, Tarik napas perlahan dari hidung, sambil bayangkan menarik semua rasa kecanduan terhadap gadget, dan saat buang napas bayangkan membuang semua kecanduan gadget, ulangi sampai 3X Tarik dan buang napas nya dan di pembuangan napas terakhir ucapkan kalimat “Alhamdulillahirabbil Alamin”


 link Video SEFT : VIDEO SEFT

 

V.            Terapi Sedekah

 

Mengapa disebut terapi sedekah?. Dan mengapa ini dimasukkan kedalam 7 terapi untuk mengobati kecanduan gadget pada anak?.

 

Sebelum dijawab, mari kita renungkan pertanyaan berikut:

 

Jika kita bernapas hanya boleh menghirup nafas dan tidak boleh membuang nafas, maka apa yang terjadi?

 

Jika kita hanya boleh makan dan minum sepuasnya, tapi tidak boleh BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil), maka apa yang terjadi?

 

Maka jawabannya adalah kita PASTI SANGAT MENDERITA DAN MATI MENGENASKAN.

 

Sudah jadi hukum keseimbangan alam bahwa semua yang Hidup pasti akan Mati, Ada Pertemuan Pasti ada Perpisahan, Ada Pemasukan Pasti ada Pengeluaran.

 

 Tetapi hal ini menjadi Aneh dan seperti Tidak Berlaku untuk Harta, manusia Lebih Suka Mengumpulkan Harta dan sedikit sakali yang mau Menyebarkan harta (Sedekah) tersebut untuk orang lain, mereka seperti Tidak Sadar bahwa di dalam harta yang mereka Kumpulkan terdapat Hak orang lain seperti fakir miskin dan anak Yatim. Maka jangan heran, jika perilaku suka mengumpulkan harta dan Enggan untuk menyebarkan harta ke orang lain ini dilakukan terus menerus maka akan terjadi Ketidak seimbangan yang dapat berakibat timbulnya berbagai masalah terhadap orang tersebut, mulai dari munculnya berbagai penyakit, masalah keluarga yang tidak kunjung selesai, musibah dan anak – anak mereka yang terkena berbagai perilaku buruk termasuk kecanduan gadget salah satunya.

 

Jika saat anda membaca modul ini, anda masih jarang bersedekah dan berbagi harta ke orang lain, ataupun jika anda sudah mulai bersedekah tetapi nilainya masih dibawah 10% dari penghasilan bersih anda setiap bulan, maka boleh jadi masalah – masalah yang anda hadapi saat ini, karena anda Kurang bersedekah.

 

Jadi bagaimana solusinya???

 

Mulai saat ini, anda belajar lah untuk KONSISTEN terus menerus rutin bersedekah hingga minimal mencapai 10% dari penghasilan bersih tiap bulan jumlah yang anda sedekahkan ke orang lain. Utamakan sedekah uang atau makanan ke kerabat terdekat yang membutuhkan, keluarga, tetangga dan teman. Jika mereka sudah makmur semua baru anda bagikan ke orang yang lebih jauh atau anda boleh titipkan ke lembaga – lembaga yang kredibel dan terpercaya seperti Panti Asuhan dll.

 

Rutinkan sedekah ini selamanya. Dan anda boleh tambahkan meminta doa dari orang yang anda bantu, agar anak anda Berhenti dari kecanduan Gadget, jika ada 1000 orang miskin atau susah anda bantu dan mereka semua Berdoa untuk anda, Maka Tidak Mungkin Allah Tidak mengabulkan doa tersebut.

 

Allah sendiri yang berjanji dan menjamin bahwa hidup orang yang rajin bersedekah akan mendapatkan banyak limpahan kebaikan dan kemudahan.


Untuk 2 terapi berikutnya, yang merupakan Terapi Inti anda akan mendapatkan setelah anda Membagikan tulisan ini ke 6 grop WA anda, dan kirim screenshot nya ke sini: ADMIN dan Mendownload audio Terapi Gratis yang kami bagikan disini :


 AUDIO GRATIS


Terimakasih... Semoga tulisan ini dapat menjadi solusi untuk masalah anda yang memiliki anak kecanduan gadget.